Senam Yoga Bagi Ibu Hamil

Posted: Oktober 12, 2011 in Uncategorized
Dari kesekian jenis olahraga yang dapat diikuti bagi ibu hamil jenis yoga adalah bentuk latihan tubuh yang paling baik dalam memperoleh manfaat secara holistik bagi ibu dan janin dalam kandungan. Saat ini telah mulai berkembang program senam hamil dengan yoga yang disebut Senam Yoga Hamil.
Praktisi dan intruktur yoga dari Panacea Clinic Balikpapan Sri Dewi Anrelie mengatakan, senam yoga hamil adalah seni yang telah lama berkembang sejak ribuan tahun yang berasal dari India, sebagai suatu bentuk penghargaan terhadap janin dan proses terjadinya kehamilan.
“Senam yoga hamil merupakan program olahraga ringan dimana latihannya menggabungkan prinsip-prinsip yoga, dan senam itu sendiri dilakukan dengan gerakan untuk menimbulkan kelenturan, kekuatan tubuh dan pengaturan kekuatan pernapasan,” jelas wanita yang biasa disapa Dewi ini.Dikatakan, senam yoga hamil akan membuat tubuh menjadi lentur terutama pada otot-otot jalan lahir. Kelenturan otot ini sangat diperlukan karena biasanya saat menghadapi persalinan ibu biasanya dilanda kecemasan dan panik. Selanjutnya, keadaan ini membuat otot menjadi tegang.

Dipaparkan, manfaat senam yoga bagi wanita hamil, tidak hanya melatih otot tubuh, tapi juga membantu memahami cara kerja tubuh. Latihan pernapasan adalah unsur yang terpenting dalam melakukan yoga. Begitu pula kemampuan untuk melakukan pernapasan dengan baik, sangat menguntungkan ketika masa persalinan ibu hamil tiba.

Dewi menyebutkan, ada dua prinsip dasar dalam senam yoga ini, yaitu meditasi dan asana alias sikap dasar tubuh. Asana, katanya, dirancang untuk melatih berbagai daerah tubuh dengan gerakan yang lambat dan terkendali. Jika dilakukan secara teratur, maka tubuh akan menjadi lentur.

“Dengan berlatih dan menguasai asana tersebut, maka akan diperoleh pengendalian dan kesadaran tubuh yang lebih baik, disamping perasaan hati yang damai atau dalam istilah relaksasi psikologi kondisi ini disebut awareness,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam praktiknya, senam yoga hamil telah juga melibatkan unsur-unsur terapi relaksasi, terapi musik serta selfhypnobirthing, dan praktik bermeditasi.
“Unsur-unsur ini bisa mmembantu si ibu dalam mencapai konsentrasi dan meningkatkan intusi terhadap kondisi tubuh, dan bisa menyelaraskan jiwa dan raga, sehingga menjadi sempurna dan seimbang. Selanjutnya, dengan tercapainya ketenangan pikiran dan hati, maka secara langsung akan menular pada bayi dalam kandungan si ibu,” bebernya.

Dewi menganjurkan, selama hamil, si ibu sangat disarankan untuk selalu gembira, jangan suka bersedih atau marah-marah. Sebisa mungkin, ibu hamil dapat menciptakan kondisi ESQ yang baik kepada janinnya. Untuk mencapai IQ anak yang baik, asupan nutrisi dan terapan pelatihan senam yoga sangat penting untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s