senam hamil
senam hamil

Hamil merupakan saat-saat yang paling ditunggu bagi pasangan suami-istri yang baru menikah. Akan tetapi jika anda sedang hamil. Jagalah kesehatan tubuh anda dan bayi yang dalam kandungan agar tetap sehat dan dapat melahirkan dengan selamat. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk hidup sehat saat hamil. Seperti makan-makanan sehat, olah raga, istirahat yang cukup dan lain sebaginya.

Omong-omong masalah olah raga, bagi ibu hamil dapat melakukan olah raga dengan senam hamil. Senam hamil sangat perlu bagi kesehatan terutama untuk persiapan proses persalinan nantinya. Tidak hanya itu, jika dilakukan secara teratur, gerakan senam juga bermanfaat mengurangi keluhan-keluhan yang mungkin muncul saat Anda hamil. Terutama pada tiga bulan terakhir masa kehamilan, seperti pegal-pegal pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Untuk mengetahui dengan pasti gerakan senam hamil yang cocok bagi anda, silahkan konsultasi kepada dokter. Biasanya, dokter ahli kandungan akan melakukan pemeriksaan secara lengkap untuk memastikan, senam hamil memang aman dilakukan untuk Anda dan janin. Jadi, agar mendapat manfaat tersebut, senam ini disarankan dilakukan setelah kehamilan 28 minggu (tujuh bulan). Umumnya, dimulai dengan latihan-latihan yang dilakukan dalam kelas dengan bimbingan instruktur berpengalaman. Suami juga bisa diikutsertakan untuk membantu Anda melakukan gerakan-gerakan. Setidaknya, aktivitas ini juga dapat membuat suami merasa punya peranan dalam menjaga kondisi kehamilan Anda.

Namun, jika Anda ingin melakukan senam di rumah, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu kepada instruktur untuk memastikan aman atau tidaknya gerakan-gerakan ini dilakukan sendiri di rumah. Mungkin bila dilihat dari gerakan-gerakannya, senam hamil sekadar senam, selayaknya olah raga hanya membuat tubuh segar dan bugar. Namun, mengikuti program senam hamil membuktikan bahwa ternyata senam hamil sangat membantu selama proses melahirkan anak pertamanya.

Manfaat senam hamil sangat bagus saat proses melahirkan. Karena pembukaan tidak juga meningkat dari bukaan dua, akhirnya dilakukan induksi. Selama induksi kontraksi semakin lama semakin hebat. Apalagi dibantu dengan pengambilan napas yang benar dan teratur. Sehingga, pada saat-saat terakhir, di mana kontraksi semakin hebat dan intervalnya semakin dekat.

Dokter mengingatkan agar mengatur napas, persis seperti cara pengaturan napas selama senam hamil. Dan, hasilnya, sangat luar biasa dan bisa mengatasi rasa sakit yang teramat sangat dengan baik. Yang perlu diingat oleh ibu saat detik-detik melahirkan. Jangan berusaha melawan rasa sakit selama kontraksi, karena ini akan membuat habisnya tenaga dan rasa sakit yang kian hebat.

Begitu juga pada saat keluarnya bayi, ternyata manfaat senam hamil lebih terasa lagi. Dengan belajar mengambil nafas seperti di senam hamil, proses pengeluaran anak kami tidaklah terlalu sulit, karena banyak cerita yang mengatakan kalau kita salah mengedan akan mempersulit keluarnya bayi.

Tenaga ibu dapat dikendalikan atau ditingkatkan dengan melakukan senam hamil. Senam hamil bisa dilakukan teratur sejak kehamilan empat bulan sampai akan melahirkan. Tujuannya agar persalinan bisa berjalan mudah dan lancar. Manfaat lain, senam hamil langsung atau tidak berperan menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi yang dilahirkan.

Hal tersebut disampaikan dr. Dewa Ketut Arika Seputra, Sp.OG. dalam Seminar dan Workshop Manfaat Kursus Persalinan dan Senam Ibu Hamil serta Pascapersalinan. Dijelaskan, kehamilan mempengaruhi perubahan fisik dan emosi ibu hamil. Pada masa kehamilan, emosi mudah turun dan naik. Muncul rasa cemas dan takut menghadapi persalinan dan kondisi bayi dalam kandungan. Hal tersebut bisa diakibatkan perubahan hormon dalam tubuh serta adanya keinginan ibu mendapat perhatian suami dan lingkungannya. Karenanya ibu hamil perlu memantau perkembangan kesejahteraan janin dengan bertanya ke bidan atau dokter dan mengikuti kursus persalinan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s